Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Untuk pemula WordPress tentunya masih bingung apa yang membedakan keduanya, sama-sama WordPress tapi kok bisa beda? Nah cari tau apakah perbedaan WordPress ini?

WordPress adalah CMS (ada yang tetap menyebutnya blogging platform) yang berlisensi GPL. Dibuat oleh seorang programmer bernama Matt Mullenweg. WordPress gratis untuk dipergunakan siapa saja asal tetap berpegah teguh pada lisensi GPL.

WordPress saat ini adalah salah satu CMS dengan marketshare terbesar ia memiliki 60,8% market share dari CMS yang ada, dan di install 34% dari keseluruhan website yang online di Internet.

Nah ok, lalu apa bedanya WordPress.com dan WordPress.org?

WordPress.com

WordPress.com

WordPress.com adalah versi berbayar dari WordPress, bagi yang tak mau repot ngurusin hosting, maintenance, update plugin dan urusan ribet lainnya, istilahnya disebut dengan hosted WordPress.

Bagi yang mau membayar, akan disediakan fasilitas khusus seperti nama domain sendiri, disediakan theme premium, plugin premium, prioritas support, dan lain-lain.

Bagi yang tak mau membayar, masih bisa menggunakan layanan WordPress.com tetapi harus menggunakan nama sub-domain dari WordPress, seperti namague.wordpress.com.

WordPress.org

WordPress.org

Nah bila yang hobi kulik kulik, ingin tantangan, atau belajar WordPress dari sisi teknis, maka memilih menginstall WordPress di server atau hosting sendiri adalah pilihan terbaik, biasanya disebut dengan istilan stand-alone WordPress.

Menginstall WordPress sendiri memberikan fleksibilitas yang luar biasa, semua bisa dimodifikasi sesuai keinginan kita, mulai dari tampilan, pilihan plugin, memilih sendiri web hosting yang terjangkau, dan lain-lain.

Tapi disisi lain, yang memilih stand-alone juga harus menghadapi resikonya sendirian, hacker, malware, performa website, optimasi, atau masalah keamanan lainnya.

Ada plus minus nya ya? Pilihan manapun itu, WordPress tetap sebuah platform yang menyenangkan dan mudah untuk dipergunakan bagi siapa saja.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *