Menginstall Web Server di Komputer Windows

Berurusan dengan WordPress secara teknis, pasti bakal sering berurusan dennen yang namanna Web Server. Jelas saja karena WordPress memerlukan Web Server untuk kapat bekerja.

Mengapa menginstall Web Server di komputer lokal? Untuk kamu yang pengen coba-coba, menginstall Web Server di lokal tidak perlu mengeluarkan biaya dan terkoneksi ke Internet.

Walau pada implementasi di dunia nyata, Web Server yang kita pergunakan berjalan kebanyakan pada sistem operasi Linux, tapi pada dasarnya tetap sama.

Supaya lebih mudah dan cepat kita akan mempergunakan Paket Web Server yang sudah satu paket; Web Server, PHP, dan Database.

XAMPP

XAMPP adalah sebuah project nirlaba yang mengemas Web Server, PHP, dan Database dalam satu instalasi sehingga sangat praktis. Pemula pun bisa menginstall nya.

  1. Download XAMPP nya disini.
  2. Setelah proses download selesai, klik 2x Installer nya.
  3. Ikuti langkahnya.

Menyalakan dan mematikan Web Server

Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah menyalakan web server agar kita bisa mengaksesnya melalui http://localhost.

  1. Buka XAMPP manager, kemudian pada baris Apache, tekan start untuk menyalakan Web Server yang sudah terintegrasi dengan PHP.
  2. Pada baris MySQL tekan start untuk menyalakan database MySQL.

Kamu bisa coba untuk mengakses http://localhost di browser dan apa yang kamu lihat?

Untuk menonaktifkan web server bila ingin menghemat memori, lakukan langkah seperti untuk menyalakan.

Folder Kerja Web Server

Folder kerja yang dapat diakses sudah ditentukan sebelumnya oleh XAMPP biasanya, ia terletak di Drive:\\XAMPP\WWW nah folder WWW ini disebut sebagai root, atau folder utama.

Simpan semua file WordPress di folder WWW ini, untuk mulai menginstall WordPress.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *