Cara Menginstall Theme WordPress

Menginstall theme WordPress adalah bagian yang paling menyenangkan. Seperti memilih-milah baju yang mana yang paling nyaman dikenakan dan membuat penampilan kita menjadi lebih ganteng sedikit. Di WordPress menginstall theme itu sangat mudah, semudah menjentikan jari.

Ada 2 cara menginstall Theme atau Tema WordPress, yaitu melalui admin WordPress, dan menginstall dengan cara manual upload menggunakan cPanel / FTP.

Bila Website kamu sudah berjalan sebelumnya, saya sarankan supaya melakukan backup terlebih dahulu, untuk menjaga bila ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Install Dari WordPress

Repository

Login ke wp-admin, pilih Appearance, kemudian pilih themes.

Add New Themes
Menuju halaman themes

Pada halaman selanjutnya akan tampil theme yang telah tersedia atau terinstall di WordPress kita.

Untuk menambah theme baru; pilih Add New / Add New Theme, kemudian akan tampil berbagai theme yang direkomendasikan oleh WordPress.

Tombol Add New

Setelah itu akan tampil beberapa theme yang telah di sortir secara default, yaitu Featured, Popular, Latest dan Favorites:

Penyortiran atau Pengelompokan Theme

Kamu juga bisa search berdasarkan nama theme atau niche tertentu, menggunakan “Feature Filter”:

Penyaringan tema / theme berdasarkan kriteria tertentu

Bila telah mendapatkan theme yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengklik Tombol install yang akan tampil bila panah mouse kursor berada di atas theme:

Install theme dengan mengklik tombol Install

Kemudian tunggu beberapa saat hinggal proses instalasi selesai. Setelah proses selesai, tombol “Activate” akan muncul klik tombol tersebut untuk mengaktifkan theme.

Aktifkan theme

Setelah theme aktif, kamu bisa lihat tampilan depan halaman web sudah berubah sesuai dengan theme yang telah dipilih.

Upload / File Lokal

Cara lain menginstall theme WordPress adalah dengan meng-unggah file theme dengan format zip, metode ini dilakukan untuk theme-theme yang tidak terdapat di repositori theme WordPress, biasanya theme yang tidak ada di respositori ini adalah theme-theme yang di peroleh melalui website penerbit atau marketplace.

Install Manual

cPanel

Login ke cPanel, kemudian pilih File Manager. Masuk ke folder /public_html/wp-content/themes. Upload theme dalam bentuk ZIP file di directori ini, kemudian extract file ZIP tersebut.

FTP/SFTP

FTP dapat digunakan sebagai cara terakhir untuk mengupload theme, walau saya sendiri lebih suka cara 3 diatas karena lebih praktis.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *